Rabu, 06 April 2011

Testimoni Bpk. Nico Abdullah - Yogyakarta







Sebagai pemula, budidaya pembesaran lele dengan menggunakan sistem probiotik organik Miracle Green mempermudah serta sangat membantu dalam pemeliharaan karena meningkatkan survival rate bibit lele hingga 98% dan recovery waterbody yang sangat cepat apabila terjadi kerusakan pada air kolam. Dengan metode ini, tidak sampai 4 hari waterbody kolam yang rusak akibat dekomposisi berlebihan akibat kematian massal lele, sudah kembali terprobiotikkan dengan baik**. Dari sisi ekonomis, biaya pakan yang rendah, dengan bahan baku yang mudah didapat dan angka kematian lele yang kecil berujung pada penghematan modal awal dan penambahan keuntungan yang signifikan pada waktu panen. Sangat sesuai dengan semangat ekonomi kerakyatan guna menuju ke kemandirian.
**(berdasarkan pengalaman kematian 7000 bibit lele saya kemarin pak Gun, yang disebabkan kesalahan cara delivery bibit. Dari kolam yang keruh berlendir dan bau busuk menyengat hingga hijau jernih dan tak berbau.red)

untuk penebaran awal, bibit berukuran 4-6 sd 5-7. rata-rata ukuran di 9-12. walaupun ada yang perkembangannya pesat yang sekarang mgkn berukuran 15-20 cm (bisa anda lihat di foto). dan puji syukur sudah ada yang mesen lelenya pak. yaitu istri saya hehe...mgkn beberapa hari lagi bakar2 lele di kolam.

untuk pemakaian pakan, dirasakan sangat ekonomis. Sedikit sekali pakan yang terbuang, dikarenakan lele yang selalu lapar dan sangat sesuai dengan perkembangan lele itu sendiri. dengan kata lain, banyak makan cepat juga besarnya. apalagi ditambah dengan extra feeding azolla, sehingga sangat mengurangi pemakaian pakan buatan karena kuota pakan sebagian digantikan dengan azolla.


Warm Regards,



Nico

Tidak ada komentar:

Posting Komentar